Artikel

UJIAN SEMESTER 1 TH 2008 TK/TPA “AL-MABRUR” PERUMNAS

tpaPada mulanya Mesjid Al-Mabrur hanyalah sebuah Masjid kecil yang terletak di pinggir jalan AW Syahrani menuju ke arah somber kelurahan Batuampar Balikpapan Utara yang secara pengelolaanya diserahkan kepada pihak PC LDII Balikpapan Utara. Santri-santri TK/TPA Al-Mabrur pada awalnya adalah anak-anak dan remaja yang mengaji di sore dan malam hari hari (ba’da asyar, maghrib sampai dengan waktu Isya) di Masjid Al Mabrur Perumnas.

Seiring dengan berjalannya waktu ternyata jumlah santri yang mengikuti pengajian di Al-Mabrur semakin banyak, dan di Masjid ini setiap harinya dipakai sholat oleh masyarakat muslim dari sekitar masjid dan masyarakat muslim dari luar wilayah masjid Al Mabrur yang ingin singgah menunaikan ibadah sholat, serta berbagai kegiatan keagamaan dan kepemudaan lainnya yang dikelolah oleh PC LDII Balikpapan Utara. Pada awal tahun 2008 dengan kesepakatan bersama (pengurus, remaja mesjid) bahwa pengajian malam untuk anak-anak usia Sekolah Dasar waktunya diganti menjadi sore hari (ba’da ashar).

Supaya kegiatan pengajian ini memiliki legalitas dan kurikulum yang jelas serta terarah, maka pengurus masjid dan pengurus ldii serta para remaja mesjid Al-Mabrur bermusyawarah untuk mendirikan Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Al-Qur’an. (TK/TPA). Dan tentunya sudah terjalin kerjasama yang baik dengan BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia) Kota Balikpapan yang menyatakan bahwa TK/TPA Al-Mabrur resmi dan diakui oleh BKPRMI Kota Balikpapan dengan menunggu antrian mendapatkan nomor unit. Bp Mahrozi, S.Kom sebagai Kepala Unit TK/TPA Al-Mabrur Perumnas.

Antara Idealisme, Profesionalisme dan Realitas TK/TPA Al-Mabrur berdiri dengan suatu idealisme bahwa lima tahun awal tumbuh kembangnya anak merupakan masa yang paling penting dalam pembentukan kehidupan seorang anak (golden age). Dengan melihat potensi yang cukup besar ( banyak anak-anak usia pra sekolah dan sekolah dasar) di lingkungan masyarakat sekitar TK/TPA Al-Mabrur, maka TK/TPA Al-Mabrur bertujuan untuk untuk memberikan pendidikan pra sekolah (TK) alternatif bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu dengan berlandaskan pada pendidikan agama Islam.

Pada perjalanannya, ternyata untuk mempertahankan idealisme sangat dibutuhkan kekuatan mental dan keyakinan yang kuat. Seperti layaknya orang yang menempuh perjalanan panjang, banyak hal yang mesti kita lewati; terkadang naik, kadang turun, ada kerikil tajam, ada juga sandungan batu besar. Begitu juga dengan perjalanan TK/TPA Al-Mabrur, yang menjadi tantangan berat adalah masalah sumber dana karena TK/TPA Al-Mabrur adalah lembaga pendidikan informal non profit yang berfungsi sosial.

Sumber Daya Manusia adalah tantangan yang tidak kalah beratnya, karena untuk meng-hire tenaga pengajar yang profesional diperlukan dana yang cukup besar. TK/TPA Al-Mabrur bertahan dengan suatu idealisme yang kuat, dengan tekad dan keyakinan serta ber-tawakal. Di usia yang awal ini, kedua hal tersebut di atas masih merupakan tantangan berat yang harus dihadapi dan dicarikan solusi. Semoga idealisme dan keberadaan TK/TPA Al-Mabrur dapat memberikan manfaat dan kemajuan untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Insya Allah 20 sampai 25 tahun ke depan, anak-anak kita menjadi aktor-aktor pemeran utama di Indonesia khususnya yang faham dan faqih masalah agama sehingga bisa terus bersemangat menghidup-hidupkan Islam & sunah Nabi Muhammad SAW. dan Pada bulan ini 24 – 28 Desember 2008 dilaksanakan ujian tulis dan ujian praktek, kami para pengurus TK/TPA Al Mabrur Perumnas menghimbau kepada para orang tua santriwan dan santriwati untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anaknya agar bisa mengikuti ujian semester 1 dengan baik, karena salah satu keberhasilan dari program TK/TPA ini adanya dukungan dari para orang tua santriwan dan santriwati, dan insya alloh akhir Desember raport santriwan dan santriwati sudah bisa dibagikan.

Tinggalkan Balasan

Protected by WP Anti Spam