Artikel

Kajian Hadits: Doa Dahsyat

Kalimat doa mana yang telah membuat umat Muhammad SAW memiliki ‘kerajaan terhebat’ sepanjang sejarah? Berkat doa itu pula anak atau cucu kita akan diberi lagi yang jauh lebih besar daripada itu?

Ini pertanyaan yang sulit dijawab. Bisanya hanya kita perkirakan berdasarkan dalil. Kalau ditinjau dari sababunuzul (penyebab dari turun)nya ayat 26 dari surat Ali Imran ({قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ} [آل عمران: 26]), dan seterusnya dan akibatnya; maka jawabannya ‘doa yang terkandung’ dalam ayat tersebut. [1]

Seorang Ustadz berkata, “Yang benar untaian doa itu dibaca agar kita bisa melunasi hutang yang banyak, berdasarkan dalil dalam Hadits Thabarani.” [2]

Saya menjawab, “Memang nabi SAW pernah mengajarkan doa itu pada Muadz yang keberatan hutang atas seorang Yahudi. Tetapi maksud nabi SAW agar Muadz dan lainnya tahu bahwa ‘doa itu juga bisa dibaca agar hutang segera bisa dilunasi’.”

Doa tersebut:

اللهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكِ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ، وتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ، وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا، تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا، وتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ، ارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ.

Artinya:

Ya Allah Raja segala kerajaan! Kau memberikan kerajaan pada orang yang Kau kehendaki, melepaskan kerajaan dari orang yang Kau kehendaki, memuliakan orang yang Kau kehendaki, dan merendahkan orang yang Kau kehendaki! Di TanganMu segala kebaikan! Sunguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kau masukkan malam di dalam siang, dan Kau masukkan siang di dalam malam. Dan Kau memberi rizqi pada orang yang Kau kehendaki dengan tanpa hitungan. Ya yang Maha pengasih di dunia dan akhirat! Dan Maha penyayang pada duanya! Kau berikan sebagian dari duanya pada orang yang Kau kehendaki, dan Kau menghalang-halangi pada orang yang Kau kehendaki! Rahmatilah hamba dengan rahmat yang Kau pergunakan membuat hamba kaya, jauh dari rahmat (kasih-sayang) orang selainMu!.

****

[1] Rujukan dari sababunuzul di atas: تفسير البغوي – طيبة (2/ 23)
قَالَ قَتَادَةُ ذُكِرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ رَبَّهُ أَنْ يَجْعَلَ مُلْكَ فَارِسَ وَالرُّومِ فِي أُمَّتِهِ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى هَذِهِ الْآيَةَ. وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا وَأَنَسُ بْنُ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لَمَّا افْتَتَحَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَكَّةَ وَعَدَ أُمَّتَهُ مُلْكَ فَارِسَ وَالرُّومِ قَالَ الْمُنَافِقُونَ وَالْيَهُودُ: هَيْهَاتَ هَيْهَاتَ مِنْ أَيْنَ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُلْكُ فَارِسَ وَالرُّومِ؟ وَهُمْ أَعَزُّ وَأَمْنَعُ مِنْ ذَلِكَ أَلَمْ يَكْفِ مُحَمَّدًا مَكَّةُ وَالْمَدِينَةُ حَتَّى طَمِعَ فِي مُلْكِ فَارِسَ وَالرُّومِ؟ فَأَنْزَلَ اللَّهُ هَذِهِ الْآيَةَ {قُلِ اللَّهُمَّ}.

Artinya:

Qatadah berkata, “Telah dituturkan bahwa ‘sungguh nabi SAW memohon’ pada Tuhannya agar kerajaan ‘Persia dan Romawi’ dijadikan di dalam umatnya. Maka Allah Taala menurunkan ayat ini.”

Ibnu Abbas dan Anas bin Malik RA berkata, “Ketika Rasulullah SAW menaklukkan Makkah; menjanjikan kerajaan Persia dan Romawi pada umatnya SAW. Kaum munafiq dan Yahudi berkata ‘tak mungkin! Tak mungkin! Mana jalan Muhammad SAW untuk menguasai Persia dan Romawi? (Serangan) mereka lebih dahsyat dan pertahanan mereka lebih kuat! Masyak Muhammad belum puas dengan kekuasaannya atas Makkah dan Madinah? Hingga berambisi menguasai Persia dan Romawi?’. Maka Allah menurunkan ayat (berisi untaian doa) ini (قُلِ اللَّهُمَّ) (dan seterusnya).”

[2] Hadits yang dimaksud: المعجم الكبير للطبراني (20/ 154)

323 – حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ يَعْقُوبُ بْنُ إِسْحَاقَ النَّيْسَابُورِيُّ، ثنا نَصْرُ بْنُ مَرْزُوقٍ الْعُمَرِيُّ، ثنا أَبُو زُرْعَةَ وَهْبُ اللهِ بْنُ رَاشِدٍ ثنا يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ الْأَيْلِيُّ، حَدَّثَنِي ابْنُ شِهَابٍ الزُّهْرِيُّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَقَدَهُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَلَمَّا صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَى مُعَاذًا فَقَالَ لَهُ: «يَا مُعَاذُ، مَا لِي لَمْ أَرَكَ؟» قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ لِيَهُودِيٍّ عَلَيَّ أُوقِيَّةٌ مِنْ تِبْرٍ فَخَرَجْتُ إِلَيْكَ فَحَبَسَنِي عَنْكَ، فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” يَا مُعَاذُ، أَلَا أُعَلِّمُكَ دُعَاءً تَدْعُو بِهِ؟ فَلَوْ كَانَ عَلَيْكَ مِنَ الدِّينِ مِثْلُ جَبَلِ صَبِرٍ أَدَّاهُ اللهُ عَنْكَ – وَصَبِرٌ جَبَلٌ بِالْيَمَنِ – فَادْعُ بِهِ يَا مُعَاذُ قُلِ: اللهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكِ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ، وتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ، وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا، تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا، وتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ، ارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِيني بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ “.

Arti (selain) isnadnya:
Dari Mu’adz bin Jabal, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah mencari-cari Mu’adz bin Jabal yang absen dari shalat Jumat. Setelah shalat, Rasulullah SAW mendatangi Mu’adz untuk berkata ‘hai Mu’adz kenapa saya tadi tidak melihat kau hadir?.”
Mu’adz menjawab, “Karena ada orang Yahudi yang menagih hutang emas satu uqiyah padaku. Saya telah berusaha menemui kau namun dia menghalang-halangi, agar saya tidak berhasil menemui kau.”
Rasulullah SAW bersabda, “Hai Mu’adz! Bukankah kau mau saya ajar doa untuk kau baca? Kalau hutang yang membebani kau semisal gunung Shabir (صَبِرٌ), Allah pasti membuatmu mampu melunasi hutang itu. Berdoalah dengan doa itu hai Mu’adz:

‘Allaahumma Maalikal-mulki tu’thil mulka man tasyaaa’u wa tanzi’ul mulka mimman tasyaaa’u wa tu’izzu man tasyaaa’u wa tudzillu man tasyaaa’u bi Yadikal khairu innaka ‘alla kulli syai’in qadiir. Tuulijullaila finnahaari wa tuulijunnahaara fillaili wa tukhrijul chayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal chayyi wa tarzuqu man tasyaaa’u bi ghoii chisaab. Rohmaanad dunyaa wal aakhirati wa Rohiimahumaa. Tu’thii man tasyaaa’u min humaa wa tamna’u man tasyaa’urhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaaK’.”

Penulis: KH. Shobirun Ahkam (Penulis Misteri Bilangan 7)

Tinggalkan Balasan

Protected by WP Anti Spam