Artikel

Ekspedisi Bhakesra 2014 Resmi Berakhir

NASIONAL – Sabtu (28/6) tim Satuan Pelaksana Tugas (Satgas) Ekspedisi Bhakesra genap berlayar selama 23 hari. Selama itu pula tiga pulau telah dikunjungi untuk diberikan sumbangan dan pelatihan. Maka sesampainya di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), beragam instansi dan ormas serta jajaran perwira TNI AL melaksanakan upacara penyambutan tim satgas ekspedisi.

Upacara kali ini dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkokesra RI, Dr. Ir. Sujana Royat, DEA. Dalam paparannya Sujana menyatakan kepuasan dan kebahagiaannya terhadap pelaksanaan ekspedisi kali ini.

“Saya menilai pelaksanaan kali ini lebih baik dan lebih efisien dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Bisa kita bayangkan dengan dana puluhan milliar dalam pelaksanaan, namun sumbangan yang diberikan mencapai ratusan milliar,” ujar Sujana. Ia juga berharap ke depan acara seperti ini akan terus diadakan guna menciptakan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Ke depan acara seperti ini harus kami galakkan terus. Rencananya setelah pemberian sumbangan dan kegiatan ekspedisi di pulau terluar, tahun depan kita akan adakan untuk kawasan perbatasan Republik Indonesia,” ungkap Sujana.

Ekspedisi kali ini, tim Bhakesra IV terdiri dari 13 kementrian dan lembaga negara, 20 ormas dan badan usaha serta 4 lembaga penyuluhan. Secara umum Ekspedisi Bhakesra mengusung konsep bantuan sosial, pasar murah, penyuluhan serta pengobatan gratis, pelatihan dan hiburan. Selanjutnya dilaksanakan pula penukaran mata uang, identifikasi potensi dan permasalahan serta pemecahannya. Total hingga saat ini telah dikunjungi 30 pulau sejak pelaksanaan awal tahun 2011.

CIMG4041

LDII sebagai salah satu ormas yang mengikuti ekspedisi turut mendapatkan undangan dalam upacara penyambutan kali ini. Beberapa pengurus DPP LDII yang turut hadir diantaranya Drs H M Hidayat Nahwi Rasul, Rioberto Sidauruk SH dan H Tri Gunawan Hadi, S.Sos, S.Pdi.

Pelaksanaan Ekspedisi Bhakesra kali ini LDII menurunkan lima orang dengan bantuan baju sebanyak 6000 potong. Peralatan olahraga, peralatan sekolah dan pelatihan agribisnis serta tausiah agama. Selain itu LDII pula menawarkan beasiswa pondok pesantren bagi generus pulau tujuan.

“Alhamdulillah, beberapa daerah menyatakan ketertarikannya. Sudah kita koordinasikan dengan pengurus DPD LDII setempat untuk ditindak lanjuti pemberian beasiswa. Juga beberapa daerah yang berminat untuk melaksanakan training agribisnis lanjutan, ujar KH Anshoruddin, salah satu tim LDII.

Menutup acara perwakilan KRI Banjarmasin Komandan Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe mengungkapkan rasa bahagianya bisa menjadi bagian dari ekspedisi. “Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dan saya haturkan rasa bahagia bisa bersama tim selama 23 hari. Kami juga memohon maaf bila masih banyak terjadi kekurangan,” ujar Jales (Frediansyah Firdaus/Lines).

Tinggalkan Balasan

Protected by WP Anti Spam