Artikel

LDII dan Sako SPN Berikan Pelatihan Jurnalistik bagi Satgas Kesbangpol Banggai Laut

Banggai Laut (12/9). Tim LDII dan Sako SPN memberikan pelatihan jurnalistik bagi Satuan Pelaksana Tugas Kesbangpol Kabupaten Banggai Laut. Acara ini berlangsung di Kantor Kesbangpol Kabupaten Banggai Laut, dengan diikuti 16 orang peserta.

Berkaitan dengan tugas satgas yang berfungsi melakukan pengumpulan informasi, maka pelatihan jurnalistik diarahkan pada penguatan karakter citizen jounalism. “Karena tugas rekan – rekan mengumpulkan informasi selengkap dan sebaik mungkin maka karakter jurnalisme warga menjadi awal materi kita hari ini,” ujar Frediansyah Firdaus, S.Pt pemateri dari LDII News Network (LINES).

Fredi pun menguatkan karakter jurnalis sebagai pengantar materi pelatihan. “Ada empat sifat dasar jurnalis yang harus kita jiwai dan pahami, yaitu skeptis, bertindak, berubah dan jurnalis adalah sebuah seni dan profesi,” ungkap Fredi.

Usai memberikan pemahaman karakter jurnalis, Fredi mengajak peserta untuk mempraktikkan konsep dasar dalam menulis berita. “Dalam menulis berita, ada tiga bagian yang sudah sepatutnya kita pahami. Lead sebagai kepala berita, kemudian ada isi berita dan terakhir penutup dan kesimpulan,” ungkap Fredi

Peserta juga di ajak untuk menulis dengan konsep 5W + 1H. “What (apa), where (dimana), who (siapa), why (mengapa), when (kapan) dan how (bagaimana) menjadi kerangka kita dalam menulis,” kata punggawa Lines ini.

Untuk melengkapi konsep jurnalisme warga, dimana peserta diharapkan tidak hanya menulis. Tapi juga harus bisa membuat sebuah foto yang bercerita, maka pelatihan dilengkapi dengan materi fotografi oleh Syahid Uki El Jandawi dari Satuan Komunitas Sekawan Persada Nasional (SAKO SPN).

Uki memaparkan, jangan membuat foto yang biasa-biasa saja. Sebuah gambar harus bisa bercerita. Uki juga mengajak peserta untuk mengkonsep komposisi gambar semenarik mungkin sehingga gambar yang diambil memiliki sebuah makna.

“Jika gambar kita telah mampu bercerita. Kemudian pernah masuk di surat kabar, maka bisa menambah benefit yang lumayan. Satu foto pemula bisa dihargai sekitar 300 ribu,” ungkap Uki yang juga merupakan Anggota Dewan Kerja SAKO SPN.

Kegiatan pelatihan ini sendiri didampingi oleh Rasis Abdullah, SH Kepala Kesbangpol Kabupaten Banggai Laut dan Drs Suyitno Widodo, Ketua Tim Relawan LDII. Pada akhir acara, masyarakat mengharapkan kegiatan seperti ini lebih banyak dan terus menerus dilakukan. Para peserta berharap, kunjungan Bhakesra tidak sekali ini saja. Dan pelatihan ini diharapkan berkelanjutan, karena bermanfaat untuk menyebarkan informasi, terutama dari pemerintah daerah kepada masyarakat. (Fredi/Lines)

Tinggalkan Balasan

Protected by WP Anti Spam